PENDAFTARAN INDEN :16 Oktober 2023 s/d 30 November 2023    PENDAFTARAN GELOMBANG 1 :11 Desember 2023 s/d 06 April 2024    PENDAFTARAN GELOMBANG 2 : 07 April 2024 s/d 07 Juli 2024    PENDAFTARAN GELOMBANG 3 : 08 Juli 2024 s/d 15 September 2024

Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Raih Juara 2 Kompetisi Nutrifair

Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Raih Juara 2 Kompetisi Nutrifair

Deretan prestasi yang ditorehkan Mahasiswa Akademi Farmasi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo bertambah. Kali ini berhasil meraih juara II National Competition Nutrifair. Sebuah ajang lomba karya tulis ilmiah Nasional Tingkat Perguruan Tinggi.

Prestasi tersebut semakin membuat Akfar Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo dikenal menjadi kampus vokasi dengan segudang prestasi. Dalam kompetisi itu, Akfar Mitra Sehat Mandiri mengusung tema Zero Stunting for Indonesia’s Bright Future.
Kegiatan diselenggarakan oleh prodi S1 Gizi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Kamis (5/1). ''Diikuti oleh jenjang SMA dan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia,'' kata Misbahatul Khoiriyah, mahasiswa Semester 3 Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo.

Misbahatul menyampaikan, dalam ajang tersebut, pihaknya mengambil sub tema kesehatan gizi. Anggota tim terdiri dari tiga orang. Yakni Misbahatul Khoiriyah, Zahrotus Sofia dan Natasya putri Sabrina.
Persiapannya pun terbilang sangat mepet. ''Mengingat kami di kampus juga sedang menyiapkan ujian praktik semester,'' katanya.
Dia menceritakan, proses ini dimulai dari persiapan menentukan tema. Kemudian mengumpulkan artikel penunjangnya, dan koordinasi. Serta konsultasi dengan dosen pembimbingan serta menyiapkan bahan yang akan dipakai.
Selanjutnya langsung bergerak untuk tahap pengujian. Mulai dari mencari bahan sampai pembuatan formulasinya.
Setelah itu, pada Kamis (22/12) lalu, laporan dikumpulkan kepada pihak panitia. Di situ tahapan seleksi dimulai, tepatnya pada 27 Desember 2022.
"Alhamdulilah dengan hasil pengumuman finalis, kelompok kami dapat nomor satu dengan nama kelompok Moringa Msms dengan judul nutraseutikal jelly drink kombinasi ekstrak daun kelor dan rimpang temulawak sebagai antistunting secara in vivo,'' ujarnya.
Untuk menentukan posisi terbaik itu, mereka harus bersaing dengan Universitas Negeri Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Surakarta (UNS). Akfar Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo menjadi satu-satunya dari vokasi yang berhasil masuk final.
Setelah itu, untuk persiapan presentasi pada 30 Desember 2022 dilakukan TM. Kemudian pada 5 Januari 2023 puncak kegiatan nutrifair yang merupakan rangkaian acara. ''Dan alhamdulillah tim kami bisa meraih juara II “ ungkapnya.

Melanjutkan, Dosen pembimbing Dr.Apt. Cikra lkhda Nur yang juga merupakan Wakil Direktur 1 Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo mengaku bangga atas torehan prestasi. Apalagi masuk menjadi finalis dan menjadi juara 2 dengan mengangkat judul tentang nutraseutikal Jelly Drink Kombinasi ekstrak daun kelor dan rimpang temulawak sebagai antistunting secara in Vivo.

Dia berharap Akfar Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo terus bersinergi dengan pemerintah dalam mengatasi stunting yang menjadi permasalahan utama di Indonesia.

Proses pembuatan produk ini dilakukan di Laboratorium Biologi Farmasi dan Farmakologi. Harapannya adalah menjadi produk yang layak sesuai SNI dengan memiliki izin halal, edar, legal dan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil khususnya di trisemester kedua.
Ke depan, masih ada 6 kompetisi ilmiah nasional yang akan diikuti oleh mahasiswa. ''Kami mohon doanya semoga Akfar terus berkarya dengan prestasi sesuai tagline kami, A Seeing of Campus," katanya.

Direktur Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo Apt. Andri Priyoherianto,S, Farm.M.Si mengatakan, pihaknya akan selalu berkomitmen untuk memberikan akses seluas-luasnya. Serta berkolaborasi bersama mahasiswa untuk aktif di kegiatan kompetisi ilmiah tingkat nasional. Dengan harapan dapat memperkaya pengalaman serta keterbaruan ilmu pendidikan khususnya bidang farmasi yang sangat dinamis dan berkembang.

Andri mengaku, ketercapaian ini juga tidak lepas dari support PT Obat Inovasi Indonesia yang selalu mendorong dan memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan. ''Termasuk memberikan akses jejaring di dunia industri dengan penuh totalitas dan dalam bentuk apapun,'' ujarnya.